GAMBARAN UMUM KECAMATAN KOTAGEDE



Letak dan Luas Kecamatan Kotagede

Kecamatan Kotagede merupakan bagian wilayah dari Kota Yogyakarta yang memiliki luas 3,07 Km2 . Luas wilayah ini merupakan 9,45% dari wilayah administrasi Kota Yogyakarta yang luasnya 32,5 Km2. Letak geografis Kotagede yaitu antara 1100 24’19” - 1100 27’53” BT dan 70 15’35” - 70 49’35” LS, dan terletak sekitar 10 Km dari pusat Kota Yogyakarta. Batas-batas wilayah Kecamatan Kotagede sebagai berikut: 
·       Sebelah Utara                         : Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul
·        Sebelah Timur                        : Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul
·         Sebelah Selatan                     : Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul
·         Sebelah Barat                        : Kecamatan Umbulharjo

Topografi dari Kotagede didominasi oleh wilayah permukiman dan lahan pertanian, namun lahan pertanian tersebut semakin lama semakin berkurang sesuai dengan perkembangan wilayah Kecamatan Kotagede yang semakin banyak dengan kebutuhan daerah permukiman, maupun kegunaan lain yang juga sesuai dengan perkembangan wilayah yang telah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah setempat. Wilayah Kecamatan Kotagede dibagi menjadi 3 Kelurahan yaitu; Kelurahan Prenggan, Kelurahan Purbayan dan Kelurahan Rejowinangun. 

Tabel Luas Kelurahan dan Jumlah RT dan RW di Kecamatan Kotagede
No
Kelurahan
Luas (Km2)
Jumlah RW
Jumlah RT
1.
Prenggan
0.83
13
57
2.
Purbayan
0.99
14
58
3.
Rejowinangun
1.25
13
49
Jumlah
3.07
40
164
Sumber : BPS Kota Yogyakarta Tahun 2015

Pusat perekonomian dari kawasan Kotagede adalah Pasar Kotagede yang merupakan sentra perekonomian dari masyarakat Kotagede dan sekitarnya yang terletak di perpotongan akses jalan bagian Utara-Selatan (Bagian dari rute Yogyakarta-Gunung Kidul) dan akses jalan Barat-Timur (kea rah Barat menuju Yogyakarta dan Kearah Timur menuju Pleret dan Surakarta). Disekitar Pasar tersebut terletak beberapa tempat yang mempunyai makna sejarah dan budaya bagi penduduk sekitar dan dinasti Mataram Islam. Dibagian Tenggara pasar Kotagede terdapat sebuah kampong yang bernama Kampung Alun-alun dan di sebelah barat dari kampong tersebut terletak sebuah makam pendiri Kerajaan Mataram. Sebelah selatan kampong adalah wilayah yang dipercayai sebagai bekas letak dari Keraton Mataram yang pertama.
GAMBARAN UMUM KECAMATAN KOTAGEDE GAMBARAN UMUM KECAMATAN KOTAGEDE Reviewed by desawisata on 21.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Sora Templates