KONSEP PENGEMBANGAN DESA WISATA KOTAGEDE

Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata

Pada tahap perumusan konsep pengembangan kawasan desa wisata dilakukan dengan teknik triangulasi dengan sumber data yang dipergunakan dalam analisa adalah faktor-faktor pendukung pengembangan kawasan desa wisata, kawasan desa wisata di tempat lain dan kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan kawasan desa wisata di Kecamatan Kotagede sehingga dihasilkan untuk mengembangkan kawasan desa wisata di Kecamatan Kotagede. Konsep tersebut dibagi menjadi dua, yaitu konsep secara spasial dan konsep secara non spasial. Berikut konsep secara spasial :
1.       Menyediakan rute perjalanan yang mengeliling kawasan desa wisata yang memperlihatkan kegiatan sehari-hari masyarakat Kecamatan Kotagede.
2.       Ketersediaan sarana transportasi khusus menujuke obyek wisata yang belum bisa terjangkau oleh wisatawan dan kondisi jalan yang baik demi kenyaman perjalnan wisatawan menuju obyek wisata.
3.      Penyediaan fasilitas pendukung dan penunjang wisata di setiap obyek wisata yang belum terdapat fasilitas yang mendukung dalam pengembangan obyek wisata yang belum berkembang.
4.      Penyediaan fasilitas akomodasi penginapan di Kecamatan Kotagede di Masing-masing Kelurahan.
5.      Penyediaan fasilitas rumah makan yang memberikan suasana pedesaan, terjaga kebersihannya dan menyajikan menu bercirikhas Kecamatan Kotagede yaituKipo, Klepon, nasigurih yang merupakan makanan khas keluarga keraton.
6.      Menyediakantempatrekreasi yang masihmemanfaatkankondisieksisting yang ada di Kecamatan Kotagede.
 

Sedangkan konsep pengembangan secara non spasial adalah :
 1.       Menjadikan sebagai peraturan kepada wisatawan yang berkunjung dan melakukan aktivitas wisata di Kawasan Desa Wisata Kotagede berbasis pendidikan yang juga memiliki atraksi lain yaitu mempelajari cara pembuatan kerijnan perak menjadi berbagai macam souvenir dan mempelajari cara membuat kuliner khas Kotagede.
2.       Peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan cara memberikan pelatihan, menambah wawasan tentang pariwisata, cara memperlakukan wisatawan dan juga lancar berbahasa inggris agar masyarakat dapat merasakan secara langsung dampak dari pengembangan kawasan desa wisata
3.      Diperlukan media promosi dengan cara membuat web tentang kawasan desa wisata yang tersambung langsung dengan web Kota Yogyakarta dan juga berkerjasama dengan media-media promosi yang ada.
4.      Dalam proses pengembangan kawasan desa wisata diKecamatan Kotagede juga melibatkan masyarakat setempat atau tokoh masyarakatdari Kecamatan Kotagede dalam proses pengembangannya.
5.      Diperlukan peraturan atau kebijakan pemerintah yang mengatur dalam proses pengembangannya.
KONSEP PENGEMBANGAN DESA WISATA KOTAGEDE KONSEP PENGEMBANGAN DESA WISATA KOTAGEDE Reviewed by desawisata on 06.37 Rating: 5

1 komentar:

Sora Templates